Sabtu, 01 April 2017

12 Langkah yang Harus Ditempuh Dalam Proses Seminar Proposal Tugas Akhir di Jurusan Fisika Unhas


Disebabkan oleh kerumitan dalam pengurusan berkas-berkas yang harus disiapkan sebelum, sedang, dan setelah seminar proposal maka penulis menerbitkan artikel ini. Semua langkah yang dipaparkan dalam artikel ini didasarkan pada hasil wawancara penulis dengan narasumber yang telah melewati langkah-langkah ini (Saudara L2F). Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Surat Pengajuan Topik


Mintalah surat pengajuan topik kepada Staf Jurusan Fisika. Tulislah judul penelitian tugas akhir dan nama pembimbing anda. Setelah itu, bawalah surat tersebut kepada pembimbing anda untuk diparaf.

2. Pembuatan SK Pembimbing


Menghadaplah ke Sekretaris Jurusan dengan melampirkan surat pengajuan topik. Setelah mendapatkan surat pengantar pembuatan SK Pembimbing yang ditandatangani oleh ketua jurusan, bawalah surat tersebut ke Fakultas untuk diterbitkan pada hari yang sama. Usahakan datang pagi-pagi supaya dapat diterbitkan pada hari itu. Setelah diterbitkan, fotokopilah minimal 10 (tergantung banyaknya orang diundang dalam seminar proposal penelitian). Setelah difotokopi, datanglah ke staf pengurusan surat-menyurat di Fakultas supaya SK Pembimbing distempel.

3. Pembuatan SK Penguji


Mintalah pengantar pembuatan SK Penguji dengan melampirkan SK pembimbing kepada sekretaris jurusan. Setelah dapat pengantar pembuatan SK yang telah ditandatangi oleh ketua jurusan, lalu dibawa ke Fakultas untuk diterbitkan pada hari yang sama.Usahakan pagi-pagi supaya cepat diterbitkan karena kalau kesiangan maka terbitnya besok (tergantung keberadaan dekan).

4. Pembuatan Surat Siap Naik Proposal


Surat Siap Naik Proposal dibuat sendiri. Mintalah formatnya ke teman sejurusan. Surat tersebut harus ditandatangani oleh Pembimbing Utama.

5. Menyiapkan KRS Semester yang Sedang Berjalan


Siapkanlah KRS terakhir yang telah ditandatangani oleh PA (Pembimbing Akademik). Dalam KRS tersebut haruslah terprogram seminar proposal. Setelah ditanda-tangani, fotokopilah sebanyak-banyaknya.

6. Menyiapkan Transkrip Nilai


Menghadaplah ke Staf Jurusan Fisika untuk meminta dicetakkan Transkrip Nilai. Setelah diparaf oleh Staf Jurusan, menghadaplah ke Ketua Jurusan untuk meminta tanda tangan. Setelah itu, bawalah Transkrip tersebut ke Kasubag Akademik (Fakultas) untuk diparaf. Kemudian, serahkan Transkrip tersebut kepada Sekretaris Dekan. Jika anda mengurus transkrip pagi-pagi maka kemungkinan besar akan terbit hari itu juga (tergantung keberadaan Dekan). Setelah selesai ditanda-tangani, fotokopilah transkrip tersebut minimal 10 rangkap. Kemudian, bawalah Transkrip tersebut beserta fotokopiannya ke Staf Jurusan Fisika supaya distempel. Setelah distempel, kembalilah ke Fakultas untuk menghadap ke Staf Bagian Surat-Menyurat guna mendapatkan stempel.

7. Menyiapkan Kartu Kuning


Kartu Kuning adalah kartu kontol mengikuti seminar proposal dan seminar hasil. Pemilik Kartu Kuning haruslah telah menghadiri (sebagai peserta) seminar proposal minimal 10 kali.

8. Menghadap Kepada Panitia Seminar


Menghadaplah ke Panitia Seminar dengan melampirkan berkas-berkas yang telah diperoleh pada langkah nomor 2-7 untuk mendapatkan izin dan penetapan jadwal seminar proposal. Setelah mengatur jadwal, mintalah format nilai kepada Panitia Seminar. Selain format nilai dari Panitia Seminar, terdapat juga format nilai yang dibuat oleh orang yang ingin melaksanakan seminar proposal (mintalah formatnya ke teman).

10. Menyiapkan Undangan kepada Pembimbing dan Penguji Seminar.


Mintalah format Undangan kepada teman anda. Harap diingat:
  • Untuk pembimbing : amplop berisi undangan, SK Pembimbing, SK Penguji, dan draf proposal.
  • Untuk Penguji : amplop berisi undangan, SK Penguji, dan draf proposal.
  • Untuk Ketua Jurusan : amplop berisi undangan, SK Pembimbing, dan SK Penguji. Undangan diberikan kepada Staf Jurusan.

Sebelum pembuatan undangan, cocokkanlah jadwal antara Panitia Seminar dengan para Pembimbing dan Penguji. Kalau tidak bisa hadir semua, minimal 80% orang yang diundang hadir.

11. Pelaksanaan Seminar Proposal


Sebelum melaksanakan seminar, format nilai dari Panitia Seminar harus diisi dengan nama, NIM, judul penelitian, nama pembimbing, nama penguji, dan tanggal seminar. Kemudian, serahkan kedua format nilai (dari Panitia Seminar dan yang dibuat sendiri) kepada Pembimbing Utama. 

12. Penandatanganan Nilai Hasil Seminar Proposal


Nilai hasil seminar proposal ditanda-tangani oleh Pembimbing Utama. Setelah itu, diparaf oleh sekretaris jurusan. Kemudian, ditandatangani oleh Ketua Jurusan. Lalu, dibawa ke Kasubag Akademik lalu diserahkan kepada Sekretaris Dekan untuk ditanda-tangani oleh Dekan.

Setelah ditanda-tangani oleh Dekan, tinggalkanlah gedung dekanat lalu carilah tempat fotokopi terdekat. Setelah sampai di tempat fotokopian, fotokopilah berkas Nilai Hasil Seminar Proposal tersebut sebanyak-banyaknya.

Setelah selesai, datanglah ke Staf Jurusan Fisika untuk mendapatkan stempel. Kemudian, kembalilah lagi ke gedung dekanat untuk mendapatkan stempel dari Staf Bagian Surat-Menyurat. Terakhir, jangan lupa menghadap ke Staf Bagian Pengimputan Nilai untuk mengimput nilai proposal.

Versi PDF dapat diunduh di sini!

Semangatko Cika!

Posting Komentar