Minggu, 15 Juli 2018

Hakikat Komputer

Sumber: Pixabay
Secara harfiah, komputer (computer) berarti alat penghitung. Memang pada mulanya istilah ini digunakan untuk menyebut alat bantu perhitungan. Namun, seiring dengan perkembangannya, istilah komputer mengalami perluasan arti yang disebabkan oleh pesatnya perkembangan teknologi informasi dan elektronika. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan komputer sebagai:
komputer /kom·pu·ter/ n alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang diinstruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dan sebagainya), biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan;
Saat ini komputer memiliki peranan yang sangat besar dalam menunjang kemajuan peradaban manusia. Penggunaan komputer dapat ditemukan dalam berbagai aspek kehidupan dan menampakkan diri dalam berbagai bentuk. Komputer telah menjadi salah satu kebutuhan untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari.

Perkembangan komputer yang semakin pesat dari hari ke hari, seringkali membuat segelintir manusia lupa bahwa komputer hanyalah salah satu karya manusia. Terkadang kita menghabiskan lebih banyak waktu menikmati pelayanan yang dapat diberikan oleh sebuah komputer sehingga tidak sempat mengajukan sebuah pertanyaan "mengapa sebuah komputer bisa melakukan hal itu?"

Seberapapun canggihnya sebuah komputer, sebenarnya komputer itu hanya mengikuti instruksi-instruksi yang terdapat dalam program yang terinstal dalam sistemnya. Komputer tidak memiliki pilihan selain mengikuti instruksi-instruksi itu. Supaya program komputer dapat berjalan dengan baik maka komputer harus memiliki algoritma yang baik. Algoritma merupakan sekumpulan instruksi yang terurut langkah demi langkah untuk menyelesaikan suatu masalah.

Pada dasarnya, sebuah komputer merupakan suatu sistem digital. Pada sistem digital, suatu data diproses langkah demi langkah dimana nilai pada data yang diproses disimbolkan dengan digit. Misalnya, ketika user mengetik sebuah tombol pada keyboard komputer, tombol yang ditekan menyebabkan adanya perubahan sinyal listrik yang terdeteksi di dalam transistor. Perubahan sinyal listrik yang terekam kemudian diubah dalam bentuk data diskrit yang disimbolkan dengan bilangan biner (binary digit).

Sesuai dengan namanya, bilangan biner hanya memiliki dua nilai yaitu 0 dan 1. Seluruh karakter yang terdapat dalam keyboard suatu komputer didigitalisasikan dalam bentuk angka-angka bilangan biner. Ketika user mengetik kata "saya" dengan menggunakan keyboard komputer maka kata "saya" diubah menjadi deretan angka-angka biner yang terdiri atas empat digit. Deretan bilangan biner tersebut akan disimpan sementara di dalam RAM (Random Acces Memory) selama mengetik. Jika user memutuskan untuk menyimpan tulisannya maka data yang berupa bilangan biner tersebut dipindahkan dari RAM ke harddisk.

Demikian, semoga bermanfaat!
Posting Komentar