Rabu, 18 Februari 2015

Hal-Hal yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Menginstal Linux Mint 17.1 Rebecca


Linux Mint merupakan salah satu distro Linux yag tidak lain adalah turunan dari Ubuntu. Linux Mint menggunakan repository Ubuntu dalam penginstalan aplikasi-aplikasinya. Linux Mint merupakan distro Linux yang unik. Saat penginstalan Linux Mint telah selesai, kita sudah bisa langsung memutar file-file musik dan video yang berformat mp3, mp4, flv ataupun 3gp. Berbeda halnya dengan distro Ubuntu yang harus diinstalkan codec terlebih dahulu sebelum memutar file-file tersebut. Bahkan secara default Linux Mint sudah dilengkapi dengan pemutar video VLC yang sudah sangat populer. Walaupun sudah bisa digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan standar bukan berarti sudah tidak ada lagi yang bisa dilakukan setelah proses instalasi selesai. Berikut hal-hal yang perlu dilakukan setelah instalasi Linux Mint 17.1 Rebecca (Cinnamon, Mate, XFCE dan KDE) :

1. UPDATE


Anda perlu meng-update sistem anda supaya sesuai dengan repository Ubuntu. Update bertujuan untuk mengambil index repository (secara online). Index repository sangat penting karena tanpanya apt-get tidak bisa menginstal suatu aplikasi. Index ini berisi daftar URL lengkap dari seluruh isi server yang berisi paket-paket berformat debian. Index ini bisa anda lihat di /var/lib/apt/lists. Update bisa dilakukan dengan cara membuka terminal dari menu atau dengan menekan tombol ctrl+alt+T kemudian mengetikkan :


sudo apt-get update



kemudian tekan Enter. Anda akan diminta untuk memasukkan password. Jika anda seorang pemula Linux maka jangan heran ketika password anda tidak ditampilkan di Terminal, hal ini untuk menjaga privasi anda. Setelah selesai memasukkan password, tekan Enter maka peroses update akan berlangsung. Tunggu hingga selesai. Perlu diingat bahwa proses update dan penginstalan aplikasi baik melalui Terminal ataupun melalui aplikasi berbasis grafis haruslah terhubung ke internet.

2. MENGATUR SOFTWARE SOURCE


Klik Menu > Administration > Software Source. Di sini anda akan mengatur mirror yang berfungsi sebagai sumber saat anda menginstal aplikasi nantinya. Klik pilihan yang terdapat pada Main (rebecca) [yang ada gambar benderanya], klik mirror yang paling cepat lalu klik Apply.



3. INSTAL JAVA


Java sangat penting ketika kita menjalankan aplikasi yang membutuhkan aplikasi Java di Browser. Ketik di terminal perintah di bawah ini lalu tekan Enter:


sudo apt-get instal openjdk-7-jdk


Jika suatu saat anda memutuskan untuk me-uninstall openjdk maka gunakan perintah di bawah ini:


sudo apt-get purge openjdk


Jika anda lebih memilih Java keluaran Oracle maka ikuti perintah di bawah ini:


sudo apt-get-repository ppa:webupd8team/java
sudo apt-get update
sudo apt-get install oracle-java7-installer


Ingat, di atas ada tiga perintah. Jangan tulis ketiganya sekaligus. Ketik satu lalu tekan Enter, tunggu hingga selesai sebelum memasukkan perintah berikutnya [Ini khusus untuk Pemula Linux].

Jika anda suatu saat berniat untuk me-uninstall Java keluaran Oracle maka gunakan perintah di bawah ini:


sudo apt-get remove oracle-java7-installer


4. INSTAL FLASH PLAYER


Flash Player sangat diperlukan ketika kita ingin memutar video di Browser. Ini dia perintah untuk menginstalnya:


sudo apt-get install flashplugin-installer


5. INSTAL GOOGLE CHROME



Untuk mesin 32 Bit :


wget https://dl.google.com/linux/direct/google-chrome-stable_current_i386.deb 
sudo gdebi google-chrome-stable_current_i386.deb


Untuk mesin 64 Bit :


wget https://dl.google.com/linux/direct/google-chrome-stable_current_amd64.deb
sudo gdebi google-chrome-stable_current_amd64.deb


6. INSTAL ADOBE READER



Sebenarnya Linux Mint sudah dilengkapi dengan aplikasi pembaca file berformat PDF tapi saya sendiri lebih suka menggunakan Adobe Reader (barangkali anda juga). Jika anda ingin mengistal Adobe Reader maka perintahnya adalah sebagai berikut:


sudo apt-get install acroread

6. INSTAL TLP


TLP berfungsi untuk mengontrol baterai dari panas dan pemakaian daya yang berlebihan. Berikut ini adalah perintah untuk mengisntal dan mengaktifkannya:


sudo apt-add-repository ppa:linrunner/tlp
sudo apt-get update 
sudo apt-get install tlp tlp-rdw
sudo tlp start


Di TLP terdapat 2 jenis opsi yang bisa dijalankan yaitu TLP AC untuk menjaga temperatur baterai dan TLP BAT untuk menghemat daya baterai. Pilih salah satunya. Ini dia perintahnya untuk meng-setting TLP:
TLP AC   : sudo tlp ac
TLP BAT : sudo tlp bat

7. INSTALL CHEESE


Cheese berfungsi untuk mengambil foto atau video dengan menggunakan webcam. Ini dia perintah untuk menginstalnya:


sudo apt-get install cheese


Demikianlah tips-tips yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat

Posting Komentar