Minggu, 22 Februari 2015

Tips Bagi Pemula Linux


Saya banyak menemui orang yang baru bermigrasi dari Windows ke Linux atau orang yang sekedar mencoba Linux dengan cara dual boot, mereka kebingungan dengan Linux. Banyak dari mereka mengira sebelumnya bahwa Linux dapat dijalankan seperti menjalankan sistem operasi yang lain. Kita terkadang bingung dengan apa yang harus dilakukan dan berniat untuk kembali ke kebiasaan sebelumnya. Inilah tips-tips bagi anda yang dapat saya bagi :

Hilangkan mindset anda bahwa Windows sama dengan Linux


Linux sangat berbeda dengan Windows. Di Linux jangan heran jika tidak ada istilah DATA(D) atau DATA(E). Di Linux hanya ada istilah Home, itulah tempat data pribadi anda tersimpan. Di Linux tidak ada istilah scan virus karena sampai sekarang Linux aman dari serangan virus, semoga tetap seperti itu. Aplikasi-aplikasi berformat .exe yang sering dijalankan di Windows tidak dapat diinstal di Linux kecuali anda menggunakan aplikasi yang bernama Wine. 

File-file yang berformat .odt (LibreOffice) tidak dapat dibaca oleh MS-Office, sebaliknya file-file yang berformat .docx (MS-Office) dapat dibaca/dibuka oleh LibreOffice di Linux. Ketika anda menginstal dua OS di komputer anda (dual-boot) maka partisi-partisi Windows dapat dibuka di  Linux sedangkan partisi-partisi Linux tidak dapat dibuka di Windows. Partisinya saja tidak dapat dilihat apalagi dibuka. Banyak sekali perbedaan antara Windows dengan Linux, saya tidak bisa sebutkan semuanya di sini.

Menginstal Codecs


Banyak pemula yang bingung ketika mereka ingin memutar file-file mp4 atau mp3 dan ternyata file-file tersebut tidak dapat terputar. Padahal, apalikasi pembuka file-file tersebut telah tersedia. Hal ini terjadi ketika anda menggunakan distro Ubuntu dan turunanya seperti Kubuntu, Lubuntu, atau Xubuntu. Distro-distro tersebut belum dilengkapi dengan codecs yang berfungsi untuk menjalankan file-file berformat mp3, mp4, flv, dan lain-lain. Cara menginstalnya banyak bertebaran di Google.

Jangan menghindari Command Line/Terminal


Anda tidak dikatakan pernah menggunakan Linux jika tidak pernah bermain-main dengan Terminal karena inti dari Linux ada di Terminal walaupun bukan hanya Linux yang mempunyai Terminal. Windows juga memiliki terminal yang bernama Command Promp yang jauh tersembunyi di menu Aksesoris. Kalau anda hanya mengklik icon dan tidak mau menggunakan Terminal walau hanya sekali maka tidak ada bedanya  ketika anda di Windows. Pelajari perintah-perintah Terminal sedikit demi sedikit maka anda akan ketagihan dan kelihatan seperti seorang profesional.

Install Kingsoft


Kingsoft merupakan sebuah aplikasi Office yang tampilannya mirip dengan MS-Office di Windows. Aplikasi ini perlu diinstal supaya kita tidak terlalu kaget dengan LibreOffice yang tampilannya sangat berbeda dengan MS-Office.

Kenali Fungsi Dari Masing-Masing Direktori


Dengan mengenali fungsi dari masing-masing direktori maka anda akan memiliki gambaran umum tentang cara kerja sistem operasi anda. Dengan begitu, anda akan lebih cepat mengetahui solusinya ketika komputer anda bermasalah. Bahkan anda akan semakin mencintai OS (Operating System) baru anda.

Semoga bermanfaat!

Posting Komentar