Sabtu, 14 Maret 2015

Cara Menginstal Latex di Ubuntu dan Linux Mint


Sudah mengenal Latex atau sudah pernah mendengar tentang Latex ?

Latex merupakan sebuah bahasa markup untuk membuat dokument. Perlu anda ketahui bahwa nama Latex mengacu pada bahasa penulisan bukan pada editor yang digunakan untuk menulis dokumen tersebut.

Secara umum, ada dua hal yang harus anda install sebelum mencoba Latex di Ubuntu atau Linux Mint anda, yaitu:
  • Texlive
  • Editor
Texlive dapat anda instal dengan membukan Terminal (ctrl+alt+T) kemudian menuliskan perintah di bawah ini:


sudo apt-get install texlive


Tekan Enter, masukkan password lalu tekan Enter kembali. Tunggu sampai selesai. Jika anda ingin menginstal Texlive secara lengkap maka dapat diinstal dengan perintah di bawah ini:


sudo apt-get install texlive-full


Sangat dianjurkan supaya menginstal Texlive dengan lengkap supaya tidak mengalami masalah saat menggunakan template Latex yang banyak bertebaran di internet. Terkadang tempalate Latex menggunakan paket-paket yang tidak terdapat dalam texlive standar sehingga kita akan mendapatkan pesan error saat menggunakannya.

Direkomendasikan juga untuk mengintal paket-paket di bawah ini dengan perintah:


sudo apt-get install latex-beamer texlive-fonts-recommended texlive-latex-extra texlive-picture


Yang kedua yang harus anda miliki adalah Editor. Editor merupakan tempat bagi kita untuk menulis dokumen Latex. Jika anda pemula maka anda dapat menggunakan Texmaker, cara menginstalnya adalah:


sudo apt-get install texmaker


Di Ubuntu dan Linux Mint sebenarnya sudah ada Editor yang dapat digunakan untuk membuat dokumen Latex seperti Gedit dan Nano. Jika anda lebih suka menulis langsung di Terminal maka gunakan Nano atau Vi. Biasanya Nano dan Vi sudah terinstal secara default di Ubuntu dan Linux Mint.

Bila anda menggunakan Texmaker maka anda bisa langsung meng-compile dokumen Latex yang anda tulis ke format PDF dengan mengklik tombol compile di bagian atas Texmaker . Namun, hal ini tidak dapat dilakukan di Nano dan Gedit. Terus bagaimana cara meng-compile dokumen Latex ke PDF?

Caranya, anda save dokumen anda terlebih dahulu dengan ekstensi .tex misalnya coba.tex kemudian masuk ke Terminal dan tuliskan perintah:


pdflatex (spasi) alamat file *.tex


Contoh:


pdflatex /home/asri/coba.tex


Demikian yang dapat saya bagikan kali ini. Jika ada penjelasan yang terluput, silakan bertanya di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar