Senin, 16 Maret 2015

Perintah-Perintah Dasar Latex


 1. Jenis Dokumen


Hal pertama yang harus kita lakukan dalam menulis menggunakan Latex adalah pendefinisian jenis dokumen. Jenis dokumen yang dimaksud di sini adalah jenis tulisan yang akan kita buat misalnya buku, artikel, surat, laporan atau file presentasi. Pendefinisian jenis dokumen ini dilakukan dengan cara menulis perintah di bawah ini pada awal dokumen :


\documentclass[...]{...}


Titik-titik dalam kurung [ ] dapat diisi dengan ukuran kertas (misalnya a4paper), ukuran huruf (misalnya 12pt) dan lain-lain. Titik-titik dalam kurung {} dapat diisi dengan jenis dokumen yang akan kita buat misalnya article (untuk menulis artikel), book (untuk menulis buku), report (untuk menulis laporan), letter (untuk menulis surat) atau beamer (untuk membuat file presentasi}. Latex beamer akan dibahas lebih lanjut pada postingan berikutnya, insya Allah

2. Paket


Setelah mendefinisikan jenis dokumen maka langkah selanjutnya adalah mendefinisikan paket-paket yang akan kita gunakan dalam mengatur dokumen. Yang dimaksud dengan paket di sini adalah fungsi-fungsi yang akan kita gunakan untuk menambah kemampuan Latex dalam mengatur dokumen. Misalnya ketika kita akan memasukkan gambar ke dalam dokumen maka terlebih dahulu kita tuliskan graphicx dalam paket. Paket-paket dalam Latex didefinisikan dengan cara menuliskan perintah di bawah ini di bagian preambule (bagian yang berada di antara \documentclass[]{} dengan \begin{document}):


\usepackage{...}


Titik-titik dalam kurung {} dapat anda isi dengan paket standar seperti amsfont, amsmath, dan amssymb. Ingat, tidak boleh mengisi kurung {} dengan lebih dari satu nama paket. Jika kita menggunakan tiga jenis paket maka kita mengetik \usepackage{...} sebanyak tiga kali juga.

3. Document Environment


Document Environment adalah tempat untuk mengetik isi dari dokumen yang akan kita buat. Isi dokumen harus diapit oleh dua perintah berikut:


\begin{document}
Isi dokumen
\end{document}


Untuk memahaminya lebih baik kita langsung melakukan Experience Learning. Editor anda lalu copy-paste perintah di bawah ini. Anda dapat menggunakan Texmaker namun jika anda belum mengintall texmaker maka anda dapat menggunakan Editor default Linux seperti Gedit, Kate, Nano atau Pico.


\documentclass[a4paper, 12pt]{article}
\usepackage{amsfont}
\usepackage{amsmath}
\usepackage{amssymb}
\begin{document}
Halo, ini adalah tulisan pertama saya menggunakan Latex.
\end{document}


Simpan dokumen tersebut di home. Jangan lupa menambahkan ekstensi .tex di belakang nama file misalnya namafile.tex. Setelah itu buka Terminal lalu tuliskan perintah :


pdflatex namafile.tex


Perintah di atas akan menghasilkan output PDF. Jika sudah selesai, buka file PDF tersebut dan lihat bagaimana hasilnya

4. Penulisan Judul Dokumen


Judul sebuah dokumen kita letakkan pada bagian awal Document Environment. Penulisannya adalah sebagai beriku:


\documentclass[a4paper, 12pt]{article}
\usepackage{amsfont}
\usepackage{amsmath}
\usepackage{amssymb}
\begin{document}
\title{Judul Dokumen}
\author{Nama Penulis}
\date{Tanggal Pembuatan}
\maketitle 
Halo, ini adalah tulisan pertama saya menggunakan Latex.
\end{document}


 5. Daftar Isi


Di Latex, pembuatan daftar isi sangat mudah. Kita hanya perlu menulis perintah \tableofcontents di tempat yang akan kita letakkan daftar isi maka maka Latex akan membuat daftar isi secara otomatis.

6. Struktur Dokumen


Latex memiliki kemampuan untuk mengatur dokumen secara terstruktur yang terdiri atas bagian (part), bab, subbab, subsubbab, subsubsubbab, paragraf berjudul dan anak paragraf berjudul. Perintahnya adalah sebagai berikut :
  1. \part{...} untuk menulis judul bagian
  2. \chapter{...} untuk menulis judul bab
  3. \section{...} untuk menulis judul subbab
  4. \subsection{...} untuk menulis judul subbab
  5. \subsubsection{...} untuk menulis judul subsubbab
  6. \paragraph{...} untuk membuat judul paragraf
  7. \subparagraph{...} untuk membuat judul anak paragraf.
Ingat, hanya dokument kelas book yang dapat menggunakan semua struktur di atas. Dokumen kelas article dan beamer hanya dapat menggunakan kelas \section{...} dan struktur-struktur yang ada di bawahnya. Dokumen kelas letter tidak dapat menggunakan semua struktur di atas.

Demikian postingan kali ini. Semoga bermanfaat

Posting Komentar