Selasa, 08 Maret 2016

Mengubah Warna Huruf Terminal Ubuntu

Tampilan Terminal Ubuntu

Seorang teman saya pernah mempermasalahkan tampilan huruf-huruf di terminalnya yang katanya membosankan. Tulisan-tulisan yang ada di situ tidak berwarna (hanya istilah, maksudnya berwarna putih) dan membosankan. Setelah saya membantu menyelesaikan masalahnya, tiba-tiba saya berpikir untuk membahas masalah ini di blog. Mungkin saja ada di antara teman-teman yang mengalami hal yang sama.

Baiklah, kita mulai. Silakan buka terminal kesayangan anda dengan menekan tombol CTRL + ALT + T kemudian jalankan perintah di bawah ini:


ls -a


Anda akan melihat sebuah file yang bernama .bashrc. Buka file tersebut dengan menjalankan perintah di bawah ini:


gedit .bashrc


Jika anda tidak suka menggunakan editor gedit, anda bisa menggantinya dengan editor favorit anda. Jenis editor yang digunakan tidak mempengaruhi hasil akhir selama anda mahir menggunakannya. Di sini, saya menggunakan gedit karena lebih ramah terhadap pemula.

Jika editor gedit telah terbuka, ada baiknya jika anda mengaktifkan nomor barisnya (line number) untuk mempermudah pencarian (kita akan mencari sesuatu). Caranya, klik menu Edit, pilih Preferences, lalu ceklis Display line number dalam tab View.

Hilangkan tanda pagar (#) yang ada di awal baris ke-46 sehingga tampak seperti berikut:

force_color_prompt=yes 

Setelah selesai, perhatikan baris ke-60. Editlah baris tersebut sehingga tampak seperti di bawah ini:

PS1='${debian_chroot:+($debian_chroot)}\[\033[01;33m\]\u\[\033[01;31m\]@\[\033[01;33m\]\h\[\033[01;36m\]:\[\033[01;34m\]\w\[\033[00m\]\$ '

Simpan perubahan lalu keluar terminal kemudian masuk kembali, lihat apa yang terjadi. Gampang kan, teman-teman? Semoga berhasil!

Demikian postingan kali ini. Jika ada yang terluput, silakan bertanya di kolom komentar.

Posting Komentar