Kamis, 10 Maret 2016

Mengubah Warna Huruf Terminal Fedora


Pernahkah anda merasa bosan dengan tampilan terminal dimana teks-teks yang ada di situ tanpa warna (baca : putih semua). Jika tidak, berarti tulisan ini tidak cocok untuk anda, hehe. Jika ya, mari kita lanjut membaca.

Di home, terdapat file yang bernama .bashrc.  Pengaturan warna terminal dapat dilakukan dengan menambahkan script pada file tersebut. Khusus untuk pemula Linux (maaf ya kalau terdengar kasar), tanda titik di depan nama file .bashrc menandakan bahwa file tersebut tersembunyi (hidden). Untuk menampilkannya maka gunakan perintah berikut di terminal:


ls -a


Jika anda ingin melihatnya di file manager, klik menu View lalu pilih show hidden file atau gunakan shorcut CTRL + H.

Jika anda berniat mengubah file .bashrc, ada baiknya jika anda mem-backup isi file tersebut terlebih dahulu supaya bisa dikembalikan ke kondisi awal jika terjadi masalah yang tidak diinginkan nantinya. Jika sudah, silakan buka terminal kemudian buka file .bashrc dengan cara:


gedit .bashrc


Kemudian tambahkan perintah berikut di bagian akhir:

export PS1="\e[1;33m[\u\[\033[1;32m\]@\[\033[1;33m\]\h \[\033[1;37m\]\W\[\033[1;33m\]]\[\033[1;31m\]\$ \e[m"

Simpan perubahan lalu buka ulang terminal untuk melihat hasilnya.

Jika hanya mengubah file .bashrc yang yang di home maka tampilan terminal dalam mode root akan sedikit bermasalah (jika anda mempermasalahkannya). Jika kita masuk ke mode root maka simbol user biasa yang berupa dollar (\$) tidak berubah menjadi simbol root yang berupa tanda pagar (#).

Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena file .bashrc untuk root belum diedit. File .bashrc untuk root berada dalam direktori /root. Jika anda tidak mengubah file .bashrc yang berada di root maka simbol root akan ikut berubah menjadi $. Untuk mengatasi hal ini, buka file .bashrc di root dengan cara:


su 
cd /root 
gedit .bashrc


Lalu tambahkan perintah berikut di bagian akhir:

export PS1="\e[1;33m[\u\[\033[1;32m\]@\[\033[1;33m\]\h \[\033[1;37m\]\W\[\033[1;33m\]]\[\033[1;31m\]# \e[m"

Simpan perubahan. Keluar dari mode superuser lalu masuk kembali ke mode superuser untuk melihat hasilnya. Jika ada penjelasan yang terluput, silakan bertanya di kolom komentar.

Demikian postingan kali ini. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar