Jumat, 30 September 2016

Menampilkan Teks Apa Adanya dengan Mode Verbatim di Latex


Salah satu masalah yang pernah saya alami saat masih berstatus pemula Latex adalah sulitnya menampilkan teks apa adanya dalam dokumen.  Saat itu, saya menulis artikel mengenai perintah-perintah dasar Latex dengan menggunakan Latex. Saya kesulitan menampilkan perintah Latex di dokumen. Penyebab masalah ini adalah script yang mengandung perintah-perintah Latex selalu diproses oleh Latex ketika di compile. Mari kita perhatikan sejenak script Latex di bawah ini:

\begin{center} 
\textbf{Teks ini seharusnya tebal} \\ 
\textcolor{red}{Teks ini seharusnya berwarna merah} 
\end{center}

Jika script di atas di-compile ke bentuk PDF (Portable Document Format) maka hasilnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini:


Setelah mencari ke sana kemari, seorang teman menjelaskan bahwa Latex menyediakan mode verbatim untuk mengatasi masalah saya. Teks yang akan ditampilkan apa adanya harus dimulai dengan \begin{verbatim} dan diakhiri dengan \end{verbatim}.

Semua teks yang berada di antara kedua tanda tersebut akan ditampilkan apa adanya walaupun memuat perintah-perintah Latex.

Ok, kita langsung saja praktek. Perhatikan script di bawah ini:

\begin{verbatim} 
\begin{center} 
\textbf{Teks ini seharusnya tebal} \\ 
\textcolor{red}{Teks ini seharusnya berwarna merah} 
Teks ini berada dalam mode verbatim 


\end{center} 
\end{verbatim}

Jika script di atas di-compile ke bentuk PDF maka hasilnya akan seperti berikut ini:


Demikian postingan kali ini. Jika ada yang kurang jelas, silakan bertanya di kolom komentar. Semoga postingan ini bermanfaat bagi anda!

Posting Komentar