Senin, 22 Februari 2016

Hal-Hal Mendasar yang Perlu Dilakukan Setelah Menginstal Fedora 23


Saat ini teman-teman saya di UNHAS sedang mengambil mata kuliah Pengantar Linux, mereka sering kebingungan ketika selesai menginstal Linux di komputer mereka terutama yang menggunakan Fedora. Fedora memiliki sedikit tutorial di Internet, tidak seperti Ubuntu. Jadi, tidak ada salahnya kalau saya menulis mengenai hal-hal dasar yang perlu dilakukan setelah menginstal Fedora 23 walaupun Fedora 23 sudah lama rilis.

1. Mengubah tipe akun menjadi administrator


Secara default, tipe akun bagi user di Fedora adalah user biasa (kecuali telah disetting pada saat instalasi Fedora 23 sebagai administrator). Buka Setting lalu masuk ke bagian Users, ubah akun tipe menjadi administrator. Hal ini dilakukan supaya user dapat menjalankan perintah sudo di terminal.

2. Memperbaharui sistem


Hal penting yang sebaiknya dilakukan setelah instalasi adalah memperbaharui sistem. Perintahnya adalah sebagai berikut:


sudo dnf update


3. Instal Gnome Tweak Tool


Aplikasi ini digunakan untuk mengubah tema, ikon atau tampilan windows (jendela). Perintahnya adalah sebagai berikut:


sudo dnf install gnome-tweak-tool


4. Instal Codec


Codec diperlukan untuk memutar file-file mp3, mp4, mkv, dan lain-lain. Perintahnya adalah sebagai berikut:


sudo dnf install gstreamer-plugins-bad gstreamer-plugins-bad-free-extras gstreamer-plugins-ugly gstreamer-ffmpeg gstreamer1-libav gstreamer1-plugins-bad-free-extras gstreamer1-plugins-bad-freeworld gstreamer1-plugins-base-tools gstreamer1-plugins-good-extras gstreamer1 plugins-ugly gstreamer1-plugins-bad-free gstreamer1-plugins-good gstreamer1-plugins-base gstreamer1


Demikian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar